Friday, February 13, 2009

KUE KERING KOPI SUSU



Pengen bikin cookies alias kuker alias kue kering ahh... Selama ini blum pernah bikin kuker sendiri. Biasanya kalo bikin pas menjelang Lebaran aja, itupun dulu cuma bantuin Tante yg emang punya usaha nerima pesanan kue. Ibuku ga pernah bikin kuker sendiri, dia pesan dari Tante, hihiiii... Kukernya Tante emang maknyuss smua! Tangannya ajaib kali ya, heheheee...
Tapi biasanya kalo Tante bikin kuker ya semacam nastar, putri salju, kaastengels, sagu keju, kuker kacang dan kuker khas Lebaran lainnya.

Kali ini aku pengen bikin yg simple aja dulu deh, takut gagal. Uuuuhhhh...blum apa-apa udah takut gagal duluan. Cari-cari resep akhirnya nemu di tabloid Saji yg kayaknya gampang (kayaknya lhoo...heheee). Namanya kue kering kopi susu. Ya udah dicoba bikin itu aja deh. Kebetulan bahan-bahannya emang ada di rumah.

Bahan:
180 gram margarin (aku pakai butter, coz stok margarin lagi habis)
125 gram gula halus
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm kopi instan, larutkan 1 sdm air panas, dinginkan
1/2 sdt pasta moca (di resep sih ga ada, aku tambahin biar lebih terasa aroma kopinya)
200 gram terigu protein rendah (aku pakai Kunci Biru)
30 gram tepung maizena
30 gram susu bubuk
1/2 sdt baking powder
100 gram milk cooking chocolate, dicincang kasar

Cara membuat:
- Kocok margarin dan gula halus selama 1 menit hingga agak pucat. Masukkan larutan kopi dan pasta moca, kocok rata. Masukkan telur, kocok rata.
- Masukkan tepung terigu maizena, susu bubuk dan baking powder sambil diayak. Aduk rata dg sendok kayu atau spatula plastik. Masukkan coklat cincang, aduk rata.
- Siapkan loyang tipis yg telah dioles margarin. Sendokkan adonan ke loyang, beri jarak karena adonan nanti akan melebar setelah masuk oven.
- Oven dg suhu 160 deg Celcius sekitar 25-30 menit sampai matang kecoklatan (lamanya memanggang tergantung pada kondisi oven kita)



Hasilnya...lumayan lah bwt kelas pemula seperti aku, hihihiiiii... Aroma dan rasa kopinya cukup berasa. Manisnya menurut aku pas. Tapi aku lebih suka kuker yg teksturnya agak rapuh (kayak cookies Good Time gitu). Nah, kuker ini teksturnya blum seperti Good Time, heheee... Setau aku ada bahan tambahan makanan bwt perenyah kue kering, namanya kalo ga salah Emplex. Lain kali mau coba pake itu ah...^_^

No comments:

Post a Comment