Monday, April 11, 2011

LBT#4: ROLLED COOKIES (GREEN TEA PEANUT COOKIES)



Bismillahirrohmanirrohiim...

Sempatkan dulu upload setoran PR LBT#4 yg bertema Rolled Cookies dg ibu host yang manis Mba Dida Rachmadiah, heheee...
Saya membuat cookies yang cukup simple baik resep maupun pengerjaannya. Yang penting cookiesnya uenakkkk... ;)
Cookies ini adonannya termasuk ke dalam jenis 'shortbread cookies'.

Tadinya saya cuma pengen bikin pure green tea cookies saja, tapi berhubung suami request kue kacang kesukaannya ya sudah saya padukan kacang dan green tea deh, yang belum pernah saya lakukan sebelumnya ^__^
Kue kacang bikinan almarhumah ibu mertua saya sangat enak, itulah kenapa suami saya suka sekali kue kacang yang selalu hadir tiap Lebaran. Hikzzz.... Jadi kangen sama almarhumah ibu mertua *__*

Back to the cookies, kenapa saya bilang simple, karena pembuatannya tidak memerlukan mixer, hanya aduk2 saja dan agar hasilnya renyah saya membuat cookies ini tanpa telur :)
Alhamdulillah semuanya menggunakan stok bahan yg memang ada di rumah (masih punya sekilo kacang tanah kupas).
Resep ini dulu saya dapat dari kenalan saya orang Manado yg bakulan kue juga, tapi sekarang sudah pensiun karena usia. Tapi sudah saya modifikasi sana sini sesuai selera dan hasil yang saya inginkan.
Aslinya kue ini atasnya dipoles kuning telur dan ditabur kembali dg kacang tanah sangrai yang dicincang kasar (dan tidak pakai green tea tentunya).
Tapi saya sedang malas poles memoles jadi hanya saya beri almond slice saja atasnya dg sedikit ditekan agar melekat pada cookiesnya.

Hasilnya? Enak bangetttt... Trust me! ^__*
Alhamdulillah semuanya suka dan cepat ludes ;)
Aromanya green tea, tapi rasanya kacang, hehehee...
Saya pakai green tea bubuk (matcha powder) sebanyak 2 sdm peres, klo mau lebih nendang green tea-nya bisa menggunakan 2 sdm munjung ya...

Ini dia resepnya...


(Tekstur dalamnya, renyah dan lumer di mulut)



(The ingredients)

Green Tea Peanut Cookies
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
300 gram kacang tanah tanpa kulit, sangrai, haluskan (saya menggunakan blender dry mill yg kecil)
1 sdt garam
400 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak
1 sdt vanilla powder (saya pakai vanilla susu L'Arome) ~ Optional
150 gram gula halus, ayak (bila mau lebih manis pakai 200 gram, kebetulan saya kurang suka yang terlalu manis)
2 sdm peres green tea bubuk (matcha powder)
250 gram minyak goreng (ditimbang yaaa...)
Almond slice untuk taburan ~ Optional


(Haluskan kacang tanah sangrai, saya dengan blender dry mill ini)


(Hasil akhir adonan, masuk kulkas dulu)


(Gilas dan cetak sesuai selera)


(Tata dalam loyang)


(Setelah matang, dinginkan di atas rak kawat)

Cara membuat:
1. Campur terigu, garam, gula halus, kacang tanah halus, vanilla powder, dan green tea bubuk. Aduk hingga merata.
2. Masukkan minyak goreng. Aduk dengan sendok kayu sampai merata dan menyatu bahan kering dan bahan basahnya.
3. Tutup wadah dg plasik wrap atau serbet bersih. Simpan dalam kulkas/chiller selama 30 menit - 1 jam agar adonan lebih mudah dibentuk. (adonan cookies ini agak lembek).
4. Taburi meja kerja dengan terigu (saya dialasi dulu dg kertas roti baru ditaburi terigu), gilas tipis adonan. Cetak dengan cookies cutter sesuai selera. Tata dalam loyang tipis (tidak perlu dioles apa-apa karena adonan sudah cukup berminyak), beri jarak satu sama lain. Tata almond slice sambil agak ditekan agar melekat dengan baik.
5. Panggang dg suhu 140-150'C sampai matang kurang lebih 25 menit. Keluarkan dari oven, biarkan sebentar tetap dalam loyang. Lepaskan dari loyang dg perlahan, pindahkan ke atas rak kawat dan dinginkan. Simpan dalam wadah tertutup kedap udara.

Enjoy ^__^

Salam LBT!

Note: Cookies ini sangat renyah dan empuk, bila ingin cookies yang lebih kokoh bisa ditambahkan terigunya sesuai keperluan.

2 comments:

Bunda Ndeso said...

Bund, kalo resep ini kacang tanahnya bisa diganti kacang hijau ga? kalo bisa, gimana cara ngolah kacang hijaunya?

Thanks

Retno Sujono said...

Dear Mbak Ricke,

Aku udah coba cookies ini. Enak, Mbak. Suamiku suka bangetss... tapi krn lembek banget, aku tambahkan terigu lagi, Mbak Ricke.

Aku ijin nge-link blog ini ke blog ku yach Mbak.

Thank you,
Retno

Post a Comment